Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung Sulawesi Selatan - Informasi Faktual

Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung Sulawesi Selatan

Air Terjun Bantimurung ialah salah satu obyek rekreasi yang terdapat di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Propinsi Sulawesi Selatan. Julukan Bantimurung sendiri berawal dari 2 kata dari bahasa setempat ialah” benti” yang berarti” air” serta” merrung” yang berarti” gemuruh“, sebab suara yang diperoleh dari air terjun ini bergemuruh. Alhasil bersamaan kemajuan zaman julukan“ bentimerrung” lama– kelamaan berganti sebutan jadi Bantimurung.

Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung Sulawesi Selatan

Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung Sulawesi Selatan

Air terjun Bantimurung ini yang terdapat di daerah Taman Nasional Bantimurung ini merupakan obyek rekreasi terfavorit warga Sulawesi Selatan. Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari Kota Makassar serta dapat ditempuh dalam durasi 1 jam perjalanan dari Makassar.

Obyek rekreasi Air Terjun Bantimurung mempunyai tinggi 15 m serta lebar 20 m, airnya bening serta meluncur kencang dari atas gunung batu ke bawah. Di bawah ada tempat berendam ataupun mandi yang mempunyai dasar batu kapur yang keras serta tertutup susunan mineral dampak aliran air yang terus menerus selama ratusan tahun. Memanglah area rekreasi ini dikelilingi bukit– bukit kapur serta karang raksasa yang berdiri dengan kokohnya.

Di lokasi Air Terjun Bantimurung ini tidak cuma mandi serta berendam para wisatawan dapat menikmati kegiatan yang lain ialah” Arung Jeram Kecil“. Dibilang kecil sebab rute yang dipakai amat pendek, ya di aliran air terjun ini. Para wisatawan dapat meluncur ke bawah dengan memakai ban dalam mobil ala arung jeram yang sesungguhnya. Dengan membayar 5 ribu– 10 ribu rupiah guna biaya sewa ban, kita dapat menikmati sensasi arung jeram versi Bantimurung.

Di sisi kiri air terjun ada suatu tangga setinggi 10 m yang merupakan jalur menuju 2 buah gua yang terdapat disini yakni Gua Mimpi serta Gua Batu yang mempunyai panjang ataupun kedalaman gua mencapai 1500 m dengan dihiasi pola– pola alami yang luar biasa.

Tidak kalah menariknya di lokasi rekreasi ini yakni Kupu– Kupu. Di Taman Nasional Bantimurung ialah lingkungan dari bermacam spesies kupu– kupu yang populer hingga ke mancanegara. Apalagi kolonialis Belanda dahulu menjuluki area rekreasi ini dengan julukan Kingdom Of Butterfly.

Fasilitas

  • Guest house
  • Kolam renang
  • Shelter
  • Pusat informasi
  • Toilet
  • Toko souvenir
  • Rumah makan serta lain– lain.

HTM

Harga karcis masuk ke Air Terjun Bantimurung kurang lebih: Rp 15. 000/ orang. 

0 Response to "Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung Sulawesi Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel