Cara Mengobati Angin Duduk - Informasi Faktual

Cara Mengobati Angin Duduk

Angin duduk merupakan penyakit kurangnya asupan oksigen ke otot- otot jantung dampak adanya pengerasan ataupun penyempitan pada pembuluh darah koroner. Kondisi ini mengakibatkan peredaran darah yang membawa pasokan oksigen jadi terhambat.

Cara Mengobati Angin Duduk

Cara Mengobati Angin Duduk

Akibatnya muncul pertanda nyeri dada yang menyebar hingga leher, lengan, serta punggung diiringi pertanda lain semacam mual, pusing, letih, juga gelisah.

Angin duduk ataupun angina merupakan tipe penyakit yang tidak bisa disepelekan. Alasannya, penyakit yang sering tiba dengan cara seketika ini dapat memunculkan komplikasi yang membahayakan, ialah merenggut nyawa. Itu sebabnya angin duduk dinamai sebagai‘ silent killer’.

Penyebab Angin Duduk

Jantung membutuhkan asupan oksigen supaya bisa melaksanakan‘ tugasnya’ dengan bagus. Oksigen ini diantarkan oleh darah mengarah jantung melalui 2 (dua) pembuluh darah yang disebut pembuluh darah koroner.

Nah, apabila berlangsung penyempitan pada kedua pembuluh darah itu, darah tidak bisa mengalir lancar alhasil pasokan oksigen juga terhambat. Permasalahan inilah yang kemudian jadi penyebab angin duduk.

Kemudian, apa yang mengakibatkan pembuluh darah koroner alami penyempitan? Beberapa sebab resiko melatarbelakangi tentang ini, ialah:

  • Stres
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Riwayat penyakit jantung( pribadi ataupun keluarga)
  • Umur( laki- laki di atas 45 tahun, perempuan di atas 55 tahun)
  • Kurang olahraga
  • Merokok

Tipe- tipe Angin Duduk

Angin duduk terdiri dari 3 (tiga) tipe. Ketiga tipe angin duduk ini nantinya berhubungan dengan metode mengobati angin duduk yang pas. Oleh sebab itu, sebelum Kalian mencari tahu obat angin duduk, ketahui terlebih dulu tipe- tipe penyakit angin duduk berikut ini.

1. Angin Duduk Stabil

Angin duduk stabil merupakan tipe angin duduk yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner setelah melakukan aktifitas berat semacam olahraga. Tetapi, gejala angin duduk stabil ini umumnya bakal menghilang sesudah Kalian istirahat.

2. Angin Duduk Tidak Stabil

Angin duduk tidak stabil merupakan perkembangan dari angin duduk stabil serta dipicu oleh terdapatnya penimbunan lemak ataupun pembekuan darah yang menghambat aliran darah menuju jantung.

Seorang dibilang terkena angin duduk tidak stabil bila gejala angin duduk yang dirasakan semacam nyeri dada kerap berlangsung, nyeri dada terjadi lebih lama, timbulnya nyeri dada susah diprediksi, serta nyeri dada tidak juga hilang meskipun sudah istirahat.

Angin duduk tidak stabil berpotensi menyebabkan serangan jantung bila pengidap tidak lekas mendapat pertolongan.

3. Angin Duduk Prinzmetal

Pada angin duduk prinzmetal ataupun angin duduk varian, berlangsung penyempitan pembuluh darah arteri dampak pembuluh darah yang kaku( spasme). Akibatnya, aliran darah yang membawa oksigen ke jantung jadi terhambat.

Angin duduk prinzmetal bisa berlangsung kapan saja, tidak terkecuali pada saat Kalian lagi istirahat. Tipe angin duduk ini bersifat sementara serta bisa dihilangkan dengan komsumsi obat angin duduk.

Metode Menyembuhkan Angin Duduk

Metode menyembuhkan angin duduk tergantung pada tingkatan keparahan angin duduk yang dirasakan. Berikut ini sebagian obat masuk angin duduk yang dapat Kalian konsumsi bila alami angin duduk.

1. Nitrat

Obat nitrat merupakan salah satu obat masuk angin duduk yang dianjurkan. Obat ini berperan guna melebarkan pembuluh darah yang alami penyempitan.

Tidak cuma mengatasi, nitrat pula dapat mencegah terjadinya angin duduk. Oleh sebab itu, Kalian yang mempunyai riwayat angin duduk dianjurkan guna komsumsi obat angin duduk ini saat sebelum melaksanakan kegiatan yang bisa mengakibatkan angin duduk.

Apabia Kalian mempunyai tekanan darah rendah( sistolik<100mg/ dL) tidak diperkenankan guna mengkonsumsi obat ini.

2. Obat Pencegah Pembekuan Darah

Salah satu penyebab angin duduk merupakan terjadinya pembekuan darah. Bila situasi ini yang menyebabkan Kalian alami angin duduk, maka komsumsi obat pencegah darah membeku merupakan metode menyembuhkan angin duduk yang pas.

Kalian dapat minum obat- obatan dari golongan ticagrelor serta clopidogrel yang berfungsi guna memisahkan keeping darah sehingga tidak alami penggumpalan ataupun pembekuan.

3. Ivabradine

Ivabradine merupakan obat angin duduk yang berfungsi selaku penangkal dampak hormon adrenalin sehingga tekanan darah di area jantung menurun yang otomatis diiringi pula oleh penurunan irama jantung. Dengan begitu, beban kerja jantung jadi tidak berat.

4. Penghambat Beta

Obat penghambat beta( beta- blocker) berfungsi yang sama dengan Ivabradine, ialah guna mencegah dampak hormon adrenalin yang jadi faktor melonjaknya tekanan darah sampai mengakibatkan beban kerja jantung bertambah.

5. Penghambat Saluran Kalsium

Penghambat saluran kalsium merupakan tipe obat yang juga umum dijadikan metode menyembuhkan angin duduk apabila pertanda angin duduk menyerang. Obat angin duduk ini bekerja guna melancarkan aliran darah di area jantung. Tidak hanya itu, obat penghambat saluran kalsium efektif melemaskan otot dinding pembuluh darah.

6. Nicorandil

Metode menyembuhkan angin duduk yang terakhir ialah memakai obat angin duduk dari golongan nicorandil.

Serupa seperti obat penghambat saluran kalsium, nicorandil berperan guna melebarkan pembuluh darah yang alami penyempitan. Obat nicorandil jadi alternatif selain obat penghambat kalsium yang tidak dapat dikonsumsi oleh orang- orang tertentu.

7. Nitrogliserin

Nitrogliserin merupakan vasodilator yang berperan guna membuka pembuluh darah yang mengecil serta menaikkan aliran darah menuju jantung. Nitrogliserin efektif guna meredakan pertanda angin duduk semacam nyeri dada akibat tidak lancarnya pasokan darah untuk jantung.

Nitrogliserin terbagi jadi 2 (dua), yakni:

  • Nitrogliserin aksi cepat, berperan guna meredakan gejala angin duduk
  • Nitrogliserin aksi lambat, berperan guna mencegah angin duduk terjadi

Selain obat- obatan, metode menyembuhkan angin duduk ialah dengan mengaplikasikan pola hidup sehat yang mencakup:

  • Makan hidangan bergizi, terutama yang mengandung banyak serat semacam sayur serta buah- buahan
  • Jauhi mengkonsumsi hidangan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Makan dengan porsi ideal
  • Giat berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Tidak merokok
  • Tidak komsumsi minuman beralkohol

Itu dia data tentang angin duduk serta bagaimana metode menyembuhkan angin duduk dengan obat masuk angin duduk ataupun mengaplikasikan pola hidup sehat. Mudah- mudahan berguna.

Baca Juga : Angin Duduk: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

0 Response to "Cara Mengobati Angin Duduk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel