Candi Gedong Songo - Informasi Faktual

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo salah satu obyek rekreasi yang amat populer di dunia. Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, persisnya di Candi Gedong Songo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Sejarah

Candi Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa,“ Gedong” berarti rumah ataupun bangunan,“ Songo” berarti 9. Jadi Arti kata Gedongsongo merupakan 9( kelompok) bangunan.

Candi Gedong Songo sebuah nama kompleks candi peninggalan budaya Hindu ini dibentuk pada abad ke- 9 Masehi yang terdapat di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia persisnya di lereng Gunung Ungaran.

Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 serta merupakan peninggalan budaya Hindu dari era Wangsa Syailendra abad ke- 9( tahun 927 masehi).

Candi ini mempunyai persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian kurang lebih 1. 200 meter di atas permukaan laut alhasil hawa udara disini lumayan dingin( berkisar antara 19- 27°C)

Letak 9 candi yang terpencar di lereng Gunung Ungaran ini mempunyai panorama alam alam yang bagus. Tidak hanya itu, obyek rekreasi ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, serta wisata berkuda.

Untuk menempuhnya, dibutuhkan perjalanan kurang lebih 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, serta kemiringannya amat tajam( rata- rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari objek rekreasi Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.

  • Gedong Songo- Ungaran: 25 km
  • Gedong Songo- Ambarawa: 15 km
  • Gedong Songo- Semarang: 45 km

HTM

Harga karcis masuk: Rp 5. 000/ untuk orang dewasa, Rp 25. 000/ orang untuk Turis Asing.

0 Response to "Candi Gedong Songo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel