Makanan Manis yang Sehat serta Aman Dikonsumsi - Informasi Faktual

Makanan Manis yang Sehat serta Aman Dikonsumsi

 Banyak dari kita yang sering dilanda keraguan pada saat akan memakan segala jenis makanan ataupun minuman yang mengandung gula alias makanan manis. Bagaimana tidak? Mengkonsumsi gula yang sangat banyak dikhawatirkan tingkatkan kadar gula darah hingga berujung pada penyakit diabetes. Tetapi, tidak seluruh makanan manis itu berbahaya, kok. Apa saja nama makanan manis yang tergolong aman?

Makanan Manis yang Sehat serta Aman Dikonsumsi

Makanan Manis yang Sehat serta Aman Dikonsumsi

Makanan ataupun minuman yang mengandung gula memanglah sangat menggugah selera. Akan tetapi, hasrat guna mengkonsumsi makanan manis acap kali terhalang oleh dampak kurang baik yang dapat ditimbulkan olehnya. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula di dalam darah yang berlebihan serta tidak terkontrol. Pun demikian, gula bisa menaikkan berat badan serta kerusakan pada gigi.

Tidak usah berkecil hati. Kenyataannya, Kalian tetap dapat menikmati kelezatan sejumlah makanan manis tetapi tetap menyehatkan. 

Berikut nama- nama makanan manis nan sehat yang nanti dapat Kalian konsumsi:

Dark Chocolate

Cokelat merupakan salah satu makanan manis yang mengandung banyak gula. Itu pula yang menjadikan hidangan ini begitu menggugah selera. Sayangnya, kelezatan cokelat harus dibayar dengan akibat negatif yang ditimbulkannya, mulai dari kerusakan gigi, kenaikan berat tubuh, sampai resiko diabet.

Tetapi, perihal itu tidak akan Kalian temui pada jenis cokelat yang satu ini. Yaitu dark chocolate ataupun cokelat hitam. Ternyata gula, 70 persen kandungan dark chocolate ialah cokelat asli. Kendati cokelat hitam tidak semanis jenis cokelat yang lain, dia sangat aman guna dikonsumsi, apalagi tergolong sehat oleh karna di dalamnya juga terkandung senyawa antioksidang serta antiinflamasi bernama polifenol.

Buah Segar

Hidangan manis sehat berikutnya merupakan buah- buahan. Semua tentu sudah tahu jika buah merupakan hidangan yang banyak akan nutrisi serta vitamin sehingga mengkonsumsinya secara teratur sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, adanya kandungan gula di dalam buah- buahan semacam anggur, mangga, serta buah naga menjadikan buah merupakan alternatif hidangan manis yang dapat Kalian konsumsi. Tingkat kemanisan buah- buahan mungkin memang tidak setinggi nama- nama hidangan manis semacam martabak, kue tart, ataupun permen. Akan tetapi, makanan- makanan itu tidak menyehatkan sebagaimana buah.

Supaya lebih menggugah selera, Kalian dapat komsumsi buah dengan cara mengkombinasikannya dengan yoghurt rendah lemak.

Buah Kering

Buah yang sudah dikeringkan juga dapat jadi opsi menu hidangan manis sehat untuk Kalian konsumsi. Dikatakan begitu karna buah kering memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibanding hidangan manis semacam permen.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah kering akan membuat sistem pencernaan Kalian tetap sehat oleh karna kandungan serat di dalamnya yang cukup banyak. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga kalau jumlah kalori yang terkandung dalam buah kering lebih besar dibanding buah segar. Ada bagusnya Kalian kombinasikan buah kering dengan kacang- kacangan untuk menambah protein serta mengurangi kadar gulanya.

Smoothies

Sepertinya buah- buahan memang jadi hidangan manis terbaik yang dapat Kalian konsumsi. Kandungan nutrisi serta vitaminnya tidak hanya menjadikan buah lezat, tetapi juga menyehatkan.

Nah, bila Kalian jenuh memakan buah segar, jangan khawatir. Terdapat banyak cara kok guna menikmati manis serta segarnya buah- buahan, sekaligus mengambil khasiat yang dihasilkannya. Salah satunya yaitu dengan mengolah buah manis jadi minuman smoothies.

Smoothies merupakan minuman yang dibuat dari campuran buah- buahan semacam mangga, stroberi, serta kiwi, dengan yoghurt rendah lemak. Smoothies jadi metode nikmat dalam mengkonsumsi buah sebagai alternative hidangan mengandung gula yang menyehatkan.

Es Krim Rendah Gula

Kalian senang makan es krim, tetapi tidak ingin gula darah ataupun berat badan naik? Maka varian es krim rendah gula ataupun kalori merupakan jalan keluarnya.

Sebagaimana kita ketahui, es krim dibuat dari campuran susu, gula, serta perasa. Nah, kenyataannya terdapat juga beberapa produk es krim yang khusus dibuat dengan kandungan gula serta kalori yang lebih sedikit. Perihal ini utamanya ditujukan untuk mereka yang tengah berdiet ataupun mempunyai penyakit gula darah. Tidak sulit kok untuk menemukan es krim ini di pasaran.

Atau, Kalian dapat membuat sendiri es krim rendah kalori ini di rumah. Caranya, campurkan susu, yoghurt rendah lemak, gula rendah kalori, serta potongan buah segar. Setelah itu, bekukan di dalam kulkas sampai es krim siap untuk dimakan.

Kue Rendah Gula

Tidak hanya es krim, kue juga jadi hidangan manis kesukaan banyak orang, termasuk Kalian salah satunya. Ternyata mengkonsumsi tipe kue manis yang banyak mengandung gula, Kalian dapat memakan varian kue rendah gula yang, sama seperti es krim rendah gula, telah banyak tersebar di pasaran, baik dalam bentuk kue tart ataupun cookies atau kue kering.

Mengkonsumsi kue rendah gula tidak akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah secara berlebih, sehingga Kalian tidak perlu khawatir. Akan tetapi, baiknya tetap kendalikan konsumsi kue ini serta imbangi dengan konsumsi hidangan manis lainnya yang lebih sehat semacam buah- buahan.

Madu

Terakhir, ada madu sebagai nama hidangan manis nan menyehatkan yang dapat Kalian konsumsi tanpa harus khawatir mengalami diabetes, kenaikan berat badan, ataupun kerusakan pada gigi.

Madu telah teruji secara ilmiah sanggup memberikan sejumlah khasiat untuk tubuh, seperti:

  • Mengatasi batuk serta sakit tenggorokan
  • Antibakteri dan antijamur
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengendalikan gula darah
  • Mencegah penyakit kanker serta jantung

Kalian dapat mencampurkan madu dengan hidangan sehat lainnya yaitu Greek yoghurt, yang mana jenis yogurt ini diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting untuk tubuh semacam serat, protein, mineral, serta vitamin. Ditambah lagi dengan potongan buah, hidangan ini tidak cuma sekedar sehat, tetapi juga nikmat.

Saat ini Kalian telah tahu, kan? Jika mengkonsumsi hidangan manis itu tidak selalu buruk untuk kesehatan, loh. Asalkan, Kalian mengerti hidangan seperti apa yang seharusnya dikonsumsi. Mengimbanginya dengan aktivitas olahraga tentu akan semakin membuat tubuh sehat bebas penyakit. Selamat mencoba serta semoga bermanfaat!

0 Response to "Makanan Manis yang Sehat serta Aman Dikonsumsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel