Khasiat Bunga Cempaka - Informasi Faktual

Khasiat Bunga Cempaka

Bunga cempaka, pernah mendengar ataupun melihat langsung tipe tumbuhan yang satu ini? Di balik bentuk bunga cempaka yang bagus serta mempesona, siapa sangka bila bunga ini tidak hanya sekedar bunga hias. Lebih dari itu, bunga cempaka diyakini mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja khasiat bunga cempaka untuk kesehatan tubuh sebagaimana dimaksud?

Khasiat Bunga Cempaka

Khasiat Bunga Cempaka

Bunga Cempaka serta Kandungannya

Cempaka yaitu nama untuk tanaman yang masuk ke dalam genus Magnolia. Tanaman ini rata- rata tumbuh di wilayah yang mempunyai hawa tropis ataupun sub- tropis. Tumbuhan cempaka sendiri sesungguhnya terdiri dari beberapa varietas, yakni:

  • Cempaka Putih

Nama‘ cempaka putih’ mengingatkan kita pada suatu area di Jakarta, persisnya Jakarta Pusat. Nah, nama itu diambil dari tipe tumbuhan cempaka yang satu ini. Cempaka putih( Michelia alba) ialah jenis cempaka yang sering dimanfaatkan jadi tumbuhan hias, seperti pada acara pernikahan.

Bunga cempaka putih yang mempunyai sebutan lain yaitu kantil memiliki warna kehijauan disaat sedang berupa kuncup, untuk kemudian berubah jadi putih disaat mekar. Tumbuhan cempaka putih biasanya bisa tumbuh tinggi, kira- kira 30 meter.

  • Cempaka Merah

Jenis bunga cempaka yang lain yaitu cempaka merah. Tumbuhan ini berasal dari Negara Tirai Bambu atau Cina. Berbeda dengan tipe cempaka lainnya, cempaka merah termasuk lambat dalam hal pertumbuhannya, tak terkecuali untuk bunganya sendiri. Hal ini yang menjadikan cempaka merah tergolong tipe cempaka langka.

  • Cempaka Ungu

Cempaka ungu mungkin juga jadi tipe tanaman cempaka yang jarang kita lihat. Alasannya, cempaka ungu cuma bisa tumbuh serta berkembang dengan bagus di dataran tinggi dengan temperatur maksimal 26 derajat celcius.

Bunga cempaka ungu yang mempunyai nama latin Magnolia liliafora ini pun termasuk unik oleh karena mempunyai aroma khas yang menyerupai buah pisang. Sesuai dengan namanya, bunga cempaka ungu berwarna ungu muda. Musim penghujan merupakan waktu di mana bunga cempaka ini mekar.

  • Cempaka Kuning

Cempaka kuning dikenal juga dengan sebutan cempaka wangi. Hal ini disebabkan tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 25 meter ini mempunyai aroma bunga yang semerbak. Bunga cempaka kuning sendiri berwarna kuning jingga.

Untuk mengembangbiakkan tanaman cempaka kuning, biasanya dilakukan dengan metode cangkok ataupun tanam biji.

Bunga cempaka memiliki beberapa khasiat. Khasiat cempaka ini tidak bebas dari isi beberapa senyawa aktif, semacam alkaloid mikelarbina serta liriodenina. Senyawa- senyawa itu mempunyai kedudukan selaku ekspektoran ataupun diuretik.

Khasiat Bunga Cempaka untuk Kesehatan

Nah, saat ini Kamu tidak cuma dapat menggunakan cempaka selaku tumbuhan mempercantik, melainkan pula buat melindungi kesehatan badan, sekalian menyembuhkan beraneka permasalahan kesehatan. Selanjutnya merupakan khasiat bunga cempaka yang butuh Kamu tahu.

  • Mengatasi Vertigo

Vertigo ialah kondisi di mana kepala terasa seperti berputar- putar serta badan kehilangan keseimbangan. Salah satu metode untuk menangani vertigo ini ialah dengan mengkonsumsi bunga cempaka, tentunya yang telah dikeringkan.

Kalian dapat merebus 5 kuntum Bunga cempaka kering di dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, kemudian minum air rebusan itu.

  • Menyembuhkan Batuk Berdahak

Khasiat bunga cempaka berikutnya ialah guna menyembuhkan batuk berdahak. Khasiat cempaka yang satu ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif berupa alkaloid mikelarbina serta liriodenina. Keduanya, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, memiliki sifat ekspektoran sehingga efektif guna meredakan batuk berdahak itu.

Sama seperti menangani vertigo, yang perlu Kalian lakukan kali ini ialah merebus daun cempaka di dalam air mendidih. Tetapi, tambahkan pula bahan herbal lainnya seperti jahe. Mengkonsumsi secara teratur hingga batuk berdahak hilang.

  • Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Kalian pula bisa menggunakan bunga cempaka untuk mengatasi permasalahan kesehatan berupa gangguan saluran pernapasan semacam asma serta infeksi paru- paru. Khasiat cempaka yang satu ini memang belum bisa dikatakan valid oleh karna belum adanya riset yang secara khusus mempelajari mengenai hal ini. Kendati begitu, tidak ada salahnya untuk berusaha, bukan?

Apabila Kalian terkena penyakit saluran pernapasan, rebus bunga cempaka kering kemudian minum air rebusannya secara teratur hingga penyakit mereda.

  • Detoks Alami

Dua senyawa di dalam bunga cempaka, yaitu alkaloid mikelarbina serta liriodenina, juga mempunyai sifat diuretik, yaitu mempermudah urinasi. Hal ini lantas menghasilkan khasiat bunga cempaka untuk detoks.

Sebagaimana diketahui, urin yang Kalian keluarkan membawa racun- racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah bunga cempaka secara teratur supaya racun- racun di dalam tubuh tidak menumpuk serta berpotensi membahayakan tubuh.

  • Mengatasi Keputihan

Untuk Kalian kaum perempuan, keputihan pada organ intim pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Keputihan yang dikarenakan oleh infeksi bakteri ataupun jamur perlu diobati oleh karna situasi tersebut sangat mengganggu, seperti menimbulkan bau tidak sedap pada vagina.

Minumlah air rebusan daun cempaka kering secara teratur hingga keputihan terobati. Akan tetapi, imbangi juga dengan metode mengatasi keputihan lainnya dikarenakan khasiat bunga cempaka yang satu ini belum bisa dipastikan efektivitasnya.

  • Mengatasi Bau Badan

Sifat anti- bakteri pada senyawa yang terkandung di dalam bunga cempaka juga lantas menjadikan tumbuhan ini jitu guna menanggulangi permasalahan kesehatan lainnya yang dikarenakan oleh bakteri, semacam bau badan. Situasi ini tidak cuma mengganggu diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar, bukan?

Oleh karena itu, atasi permasalahan bau badan ini dengan teratur komsumsi air rebusan daun cempaka salah satunya. Selain diminum, Kalian juga dapat menggunakan air rebusan daun cempaka itu disaat mandi, yaitu dengan menyiramnya ke sekujur tubuh. Gunakan bunga cempaka kuning oleh karna jenis cempaka ini mempunyai aroma wangi yang pekat.

  • Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan situasi pada saat perut terasa penuh sehingga tidak jarang Kalian merasa mual serta ingin muntah. Perihal ini biasanya dikarenakan oleh banyaknya gas ataupun udara di dalam perut. Untuk menanggulangi perut kembung, Kalian dapat komsumsi air rebusan bunga cempaka yang telah dicampur dengan bahan alami lainnya seperti jahe.

Minumlah air rebusan itu ketika hangat. Lakukan secara teratur hingga rasa kembung pada perut Kalian mereda.

Itu dia informasi tentang khasiat bunga cempaka. Perlu diketahui, Mengenai khasiat cempaka ini sejatinya belum mempunyai fakta ilmiah yang kuat. Oleh sebab itu, jangan cuma tergantung pada bunga cempaka untuk mengatasi masalah kesehatan yang Kalian alami. Juga, berkonsultasilah terlebih dulu pada dokter sebelum memakai bahan- bahan herbal, termasuk bunga cempaka ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Bunga Cempaka

0 Response to "Khasiat Bunga Cempaka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel